Kementerian Pertanian RI Serahkan Bantuan Alsintan kepada 15 Poktan di Kota Makassar

Kementerian Pertanian RI Serahkan Bantuan Alsintan kepada 15 Poktan di Kota Makassar

63
bantuan alsintan
15 Kelompok Tani (Poktan) yang tersebar di delapan Kecamatan di Kota Makassar mendapat bantuan alat mesin pertanian yang diserahkan oleh Kemetrian Pertanian RI di Hotel Grand Asia Jalan Boluevar Raya No. 10 Makassar,Selasa (14/11/2017)

PORTALMAKASSAR.com – Sebanyak 15 Kelompok Tani (Poktan) yang tersebar di delapan Kecamatan di Kota Makassar mendapat bantuan alat mesin pertanian yang diserahkan oleh Kemetrian Pertanian RI di Hotel Grand Asia Jalan Boluevar Raya No. 10 Makassar,Selasa (14/11/2017).

Sebanyak 15 alat mesin pertanian tersebut terbagi dari tiga jenis alat mesin pertanian.Ketiga jenis alat pertanian yang yang diterima kelompok tani di Kota Makassar dari Kementerian Pertanian, diantaranya alat mesin tanam padi sebanyak 2 mesin, mesin pengolahan lahan (Hand Traktor) Sebanyak 8 Mesin dan kultifator sebanyak 5 mesin.

“Kultifator ini adalah alat pengolahan tanah Sekunder yang digunakan untuk tanaman holtikultura, seperti cabai, bayam dan lain-lain,” Papar Abd Rahman Bando.

Rahman menjelaskan, mesin pengolahan lahan tersebut nantinya sangat membantu dan memudahkan petani dalam menanam dan dapat membantu kinerja petani serta meningkatkan produktivitas Para Kelompok tani.

Misalnya, mesin penanam padi, ini nantinya bisa menekan angka pengeluaran biaya penanaman, untuk lahan 1 hektar hanya bisa diselesaikan jangka waktu tiga jam.

“Kalau kita menanam padi dengan menggunakan manual dengan luas lahan yang 1 hektar ini membutuhkan waktu Selama 6 jam untuk menyelesaikan itu,” tutur Rahman (hamzah/red2).

Komentar