Bupati Bogor Takjub Dengan Sistem Keamanan War Room Makassar

Bupati Bogor Takjub Dengan Sistem Keamanan War Room Makassar

69
Kunjungan Bupati Bogor dan Rombongan ke Balaikota Makassar untuk melihat War Room. Pihak kominfo memberikan penjelasan terkait War Room.

PORTALMAKASSAR.com – Program Inovasi pemerintah Kota Makassar Smar City dengan War Roomnya yang diinisiasi oleh Walikota Makassar Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto, tak henti hentinya mendapat sorotan dan perhatian dari daerah lain, baik dari pemerintah kabupaten kota di Indonesia.

Hal inilah yang juga membuat tertarik Bupati Bogor Hj. Nurhayanti, S.H., M.M., M.Si. sehingga melakukan kunjungan kerja ke Kota Makassar.

Dimana dalam kunjungan kerjanya ingin melihat secara langsung, pengelolaan dan pengawasan kota Makassar, dengan sistem pengoperasian War Room,

Rombongan Bupati Bogor yang menyambangi Kantor Balaikota diterima oleh Kabid Aplikasi dan Informasi Denny Hidayat, bersama kabid Inkom Publik Ade Ismar Gobel di dampingi kepala UPTD War Room Yamlikh Azikin. bertempat Dimenara Kantor Balaikota lantai 11 di lantai 11. Sabtu (18/11/2017)

Dihadapan Bupati Bogor dan rombongannya Denny Hidayat menjelaskan, bahwa untuk pembangunan War Room, hingga saat ini sudah meliputi ruangan war room di lantai 11, pembangunan data center, pembangunan infrastruktur security dan CCTV, juga pengadaan perangkat cyber security serta penambahan CCTV.

“Pembangunan War Room sejatinya tumbuh disesuaikan dengan kebutuhan atau scalable, jika langsung dibangun sementara kebutuhan pendukung termasuk SDM belum disiapkan tentunya akan menjadi pemborosan pada pengadaan awal,” tuturnya

Menurut Denny perubahan teknologi yang makin cepat jelas akan membuat usang perangkat yang diadakan sementara belum dibutuhkan.

“Pembangunan war room sebagai pusat Sombere and Smart City Kota Makassar akan tumbuh sesuai dengan pertumbuhan kebutuhan kota. Jika langsung diadakan membuat war room yang state of the art maka penganggaran bisa melebihi 50 M,” jelas Denny dihadapan rombongan Bupati Bogor.

Sementara itu Kabid IKP Ismar Gobel menambahkan bahwa kota Makassar memiliki Peraturan Walikota Makassar Nomor 4 Tahun 2017 tentang penyediaan dan Pemasangan Closed Circuit Television (CCTV) Pada bangunan dan gedung yang ditetapakan pada tanggal : 30 Maret 2017 dan Diundangkan Pada Tanggal 30 Maret 2017.

“Dengan adanya perwali ini diharapkan kedepannya kewajiban penyediaan dan partisipasi swasta untuk CCTV tempat usaha. Kita target mulai diterapkan tahun depan dan dengan kondisi ini diharapkan CCTV terintegrasi menjadi lebih 2000 sampai 3000 titik pada akhir tahun 2018,” terangnya.

Bupati Bogor Nurhayati saat ditemui usai mengunjungi War Room, sangat takjub dengan perkembangan Kota Makassar dibawah kepemimpinan Walikota Danny Pomanto.

“Luar biasa perkembangan Kota Makassar ditangan pak Danny saya sangat kagum, mungkin belum ada kota lain di Indonesia yang memiliki sistem keamanan kota selengkap ini. Mereka telah bekerjasama dengan formkompimda, ruang dijaga oleh TNI, Command Centre Polda Sulsel juga terintegrasi dengan mereka ,”ucapnya .

Pada kesempatan kunjungan kerja tersebut, Bupati Bogor memboyong beberapa kepala SKPDnya serta seluruh Camat se kabupaten Bogor. (mdp)

Komentar