Hujan dan Angin Kencang Disebut Penyebab Tribun Penonton Stadion Barombong Rubuh

Hujan dan Angin Kencang Disebut Penyebab Tribun Penonton Stadion Barombong Rubuh

77
Kondisi tribun selatan lantai Stadion Barombong, Makassar, yang rubuh, Minggu (3/12). (Ist)

PORTALMAKASSAR.com – Tribun lantai tiga bagian selatan Stadion Barombong, Kecamatan Tamalate, Makassar rubuh Sabtu (2/12/2017) sore.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Sebab saat tribun itu rubuh semua pekerja sementara melakukan pengerjaan pada segmen lainnya di tribun selatan.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Stadion Barombong yang juga Kepala Bidang Perencanaan Prestasi Olahraga Dispora Sulsel, Muchlis Mallajareng mengatakan penyebab rubuhnya tribun tersebut diduga akibat sapolden (besi penyanggah) tak mampu menahan beban akibat tribun yang baru saja dilakukan pengecoran dan sempat diguyur hujan deras diserta angin kencang.

‘’Tribun yang rubuh itu hanya sebagian kecil dari satu segmen di tribun selatan. Tidak seluruhnya rubuh,” kata Muhlis, Minggu (3/12).

Ia menjelaskan peristiwa itu terjadi setelah selesai pengecoran. Saat itu hujan deras tiba-tiba turun diserta angin kencang, pada Jumat (1/12).

Volume air yang semakin bertambah di atas tribun yang baru di cor diperkirakan menjadi penyebab besi penyanggah tak mampu menahan beban yang terlalu berat akibat melubernya air hujan.

“Tiba-tiba rubuh. Segmen di sebelahnya  yang sudah dicor beberapa jam sebelumnya juga ikut  rubuh karena tertarik dengan segmen di sebelahnya,” sambungnya.

Sementara Penaggungjawab pembangunan, Charles mengaku sejak  Minggu (3/12/2017) pagi pekerja sudah melakukan perbaikan rangka untuk selanjutnya dilakukan pengecoran ulang di tribun yang rubuh tersebut.

Sementara itu Kepala Dinas Pemusa dan Olahraga (Kadispora) Sulsel, Sri Endang Sukarsih mengaku sudah mendapat laporan dari penanggungjawab pelaksana proyek.

‘’Insya Allah semua bisa diatasi. Ini bukan kejadian luar biasa. Kejadian seperti ini bisa saja terjadi di proyek manapun. Apalagi dalam cuaca ekstrim seperti saat ini,” kata Sri Endang.

Seperti Muhlis dan Charles, Sri Endang juga mengaku kejadian ini tidak menganggu proses perampungan stadion bertaraf internasional tersebut.

‘’Yang rubuh tidak seberapa  besar. Ini akibat hujan disertai angin kencang. Cuaca memang menjadi salah satu kendala satu minggu terakhir ini,” Sri Endang.

Sekedar tambahan data yang dikutip dari anatara, pekerjaan ini mempekerjakan total pekerja 545 orang dari sebelumnya 420 orang atau ditambah 125 orang guna percepatan penyelesaian proyek pada akhir 2017.

Untuk progres pekerjaan saat ini, sebut dia, pembangunan tribun selatan dan utara dari target 37,34 persen, terealisasi sudah 37,57 persen atau melebihi target.

Kemudian pada tribun selatan pekerjaan dibagi dalam 18 segmen serta tribun utara dibagi tujuh menjadi segmen. Proyek ini mulai dilaksanakan pada 18 September dan diharapkan selesai 17 Desember 2017.

Pada tribun barat realisasi per November, target yang ditetapkan sebesar 13,64 persen, akan tetapi progres pekerjaan sudah melebihi target 21,76 persen.

Untuk tribun barat, kontrak kerja dimenangkan PT Usaha Subur Sejahtera dengan Pagu Anggaran Rp44,2 miliar dan sudah mulai dikerjakan 4 November dan diharapkan rampung pada 31 Desember 2017.?

Sebelumnya, tribun selatan dan utara telah dilaksanakan perusahaan tersebut dengan Pagu anggaran sebesar Rp46,031 miliar.

Rencananya, tahun 2018 Muhlis melanjutkan, Stadion Barombong akan kembali disuntikan APBD senilai Rp70 miliar untuk penyelesaian dan perampungan stadion setempat ditargetkan rampung keseluruhan agar bisa diresmikan pada Maret 2018.

” Anggarannya sudah dibahas di DPRD Sulsel untuk tambahan pembangunan dikucurkan Rp70 miliar untuk final penyelesaiannya,” tambahnya.

? Pekerjaan yang akan dilaksanakan tahun depan menggunakan anggaran Rp70 miliar itu, akan ditender pada akhir Desember 2017, diharapkan Januari 2018 sudah bisa langsung dikerjakan.?

Kepala Biro Pembangunan Sulsel, Jumras mengemukakan, bila dilihat progres pengerjaan di lapangan, pihaknya optimistis proyek tersebut dapat selesai sesuai target awal.

Perwakilan PT Usaha Subur Sejahtera, Dahlan saat ditanyakan sampai sejauh mana pengerjaan bangunan itu, kata dia, tribun selatan dan utara sementara ini dikebut agar bisa diselesaikan sesuai batas waktu yang ditentukan.

Mengenai dengan adanya dugaan kesalahan konstruksi pada proyek itu sampai membuat tiang penyangga Dia menegaskan kejadian tersebut hanya sebuah kecelakaan tapi tidak akan mengganggu pengerjaannya. (red3)

Komentar