Connect with us

WALHI Sulsel Minta Pemkot Makassar Dorong Perbaikan Lingkungan Hidup di Wilayah Reklamasi

Komunitas

WALHI Sulsel Minta Pemkot Makassar Dorong Perbaikan Lingkungan Hidup di Wilayah Reklamasi

PORTALMAKASSAR.COM — Pemerintah Kota Makassar menerima kunjungan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Sulawesi Selatan bersama tim peneliti organisasi lingkungan asal Belanda bernama BOTH ENDS.

Kunjungan ini perihal rencana reklamasi di Kota Makassar serta pemberian perlindungan terhadap masyarakat pesisir dan wilayah tangkapnya.

Direktur Eksekutif Walhi Sulsel Muhammad Al Amin, menyampaikan laporannya selama sepekan terakhir.

Dari laporan tersebut, ia menyampaikan serangkaian aktivitas dan studi lapangan di beberapa area khusus yang terkait dengan reklamasi dan tambang pasir, yang diketahui bahwa kegiatan tambang pasir dan reklamasi ini dilakukan oleh salah satu perusahaan dari Belanda.

“Maka dari pada, itu Niels sebagai salah satu warga Belanda yang bekerja di organisasi yang mendorong perbaikan lingkungan hidup dan mendorong keadilan sosial lingkungan di seluruh dunia, mendapatkan serangkaian informasi terkait dengan proyek tersebut,” kata Amin,

“Yang kedua, melihat adanya risiko terhadap proyek reklamasi yang dilakukan oleh Boskalis di CPI, Niels kemudian melihat bahwa Boskalis sebagai salah satu perusahaan reklamasi terbesar di dunia, itu hendak menimbun atau mereklamasi untuk proyek dan Makassar New Port jilid 2.” sambungnya.

Maka dari pada itu, kata Amin, Niels sebagai salah satu warga Belanda yang bekerja di organisasi yang mendorong perbaikan lingkungan hidup dan mendorong keadilan sosial lingkungan di seluruh dunia, mendapatkan serangkaian informasi terkait dengan proyek tersebut.

Dalam kegiatan itu, mereka juga banyak menemukan resiko dampak serta efek yang kurang baik terhadap lingkungan dan sosial, khususnya terhadap beberapa warga di tahun 2014 lalu sempat digusur karena berada di lokasi CPI dan sampai sekarang 2 orang mereka masih berada di bawah jembatan.

Maka dari itu, Amin menyampaikan kepada Walikota Makassar agar bisa mengambil sikap dan memberikan upaya yang lebih konkrit dan memberikan kebaikan hidup yang lebih baik bagi mereka karena saya tahu pak wali yang sekarang memiliki visi yang cukup baik daripada yang lalu lalu. (*)

MUH.ERVIN SAPUTRA

More in Komunitas

To Top