Connect with us

Pencapaian PD Parkir Makassar Raya Tak Capai 50 Persen

PLT Direktur Utama PD Parkir Makassar Raya Andi Bukti Djufri.

Portal Makassar

Pencapaian PD Parkir Makassar Raya Tak Capai 50 Persen

Penyebab PD Parkir tak mencapai target, salah satunya adalah pembagian zona potensi parkir yang ada di Makassar.

PORTALMAKASSAR.COM – Dalam kurun tiga tahun terakhir, Pelaksana Tugas (PLT) Direktur Utama PD Parkir Makassar Raya, Andi Bukti Djufri, menyebut pencapaian yang diraih PD Parkir kurang dari 50 persen.

“Sehingga deviden yang diberikan Pemkot tahun 2019 hanya Rp500 juta, sementara target yang diberikan itu Rp46 miliar. Dari Rp46 miliar itu hanya sampai Rp17 miliar,” kata Andi Bukti saat ditemui di Balaikota Makassar, Jalan Ahmad Yani, Selasa (14/1/2020).

Baca Juga: Dewan Soroti Pendapatan PD Parkir Makassar Raya Sangat Parah

Lebih jauh kata dia menjelaskan ada sejumlah faktor yang menyebabkan pencapaian PD Parkir tak mencapai target, salah satunya adalah pembagian zona potensi parkir yang ada di Makassar.

“Di Panakkukang misalnya, disana itu terdiri beberapa kolektor yang menangani Kecamatan lain, sehingga pecahlah konsentrasinya,” ujarnya.

Dan tak hanya itu saja, dari hasil uji petik dilapangan, sambung dia ada jukir dilapangan yg tadinya bisa mendapatkan Rp. 500 ribu satu hari, namum pada saat memberikan pemasukan ke PD Parkir hanya Rp.10 ribu.

“Ya ini karena terlalu banyak tetesan. Ada sampai lima tetesan, di tetesan kelima baru masuk ke PD Parkir. Itupun sedikit. Mungkin ada yang backup, bosnya kolektor, mungkin bosnya pengawas. Jadi yang sampai di Pendapatan Asli Daerah hanya Rp10-15 ribu,” terangnya.

Baca Juga: PD Parkir Sedang Godok Rencana Penyediaan Tempat Parkir Khusus Ojol

Olehnya itu PJ Walikota Makassar, Iqbal Samad Suhaeb, berencana akan segera melakukan penandatanganan kerjasama dengan pihak PT Mitra Parkir Sukses.

Tawaran yang diajukan oleh pihak ketiga kepada Pemkot Makassar kata Andi Bukti, dinilai sangat menarik. Sebab, disamping fokus dalam penataan perparkiran, pengoptimalan Sumber Daya Manusia (SDM) dari berbagai sisi, mulai dari Juru Parkir (Jukir), kolektor sampai pengawas, menjadi fokus perhatian pihak ketiga.

“Bahkan saat perusahaan itu (PT Mitra Parkir Sukses) mengatakan jukir akan dijanjikan gaji setara dengan upah minimum kota (UMK) yakni sebesar Rp3,1 juta, termasuk jaminan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan,” bebernya.

Trek rekor yang dilakukan oleh PT Mitra Parkir Sukses diberbagai Kota besar di Indonesia seperti DKI Jakarta, Bandung hingga Surabaya, menjadi nilai plus, yang diharapkan kedepannya mampu mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), khususnya di bidang perparkiran.

Olehnya itu, guna memaksimalkan pendapatan dan memajukan kota Makassar, Perusahaan Daerah (PD) Parkir Makassar Raya terus berbenah.

PENULIS : MUH ERVIN SAPUTRA

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Danny Pomanto hadir Sebagai saksi Atas Perkara SK Demoksi 1.073 ASN - Portal Makassar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Portal Makassar

To Top