Connect with us

Peran Media Sosial dalam Pemasaran Perusahaan

IST

Portal User

Peran Media Sosial dalam Pemasaran Perusahaan

PORTALUSER – Abad ke-21 media sosial memiliki peran penting tidak hanya sebagai komunikasi dengan chat dan berbagi status, foto dan video, namun media sosial kini tengah menjadi trend dikalangan masyarakat.

Media sosial awalnya sebagai media komunikasi, tetapi seiring berjalannya waktu media sosial  menjadi tempat berbisnis. Media sosial menjadi tempat berbisnis bagi para pengusaha yang sebagian besar adalah pebisnis muda.

Media sosial menjadi tempat berbisnis bagi kalangan pebisnis muda. Sebuah trends yang sedang populer dan ngehits  saat ini. Media sosial kini bagian dari pemasaran dan produk tehnologi digital menjadi awal dari Industri 4.0. Kehadiran media sosial memiliki daya magnet tersendiri bagi kalangan pengusaha  muda untuk mengembangkan bisnis yang dirintis saat ini.

Kini media sosial telah merambah ke dunia bisnis yang disebut  Startup. Dari Media sosial ini memungkinkan para pelaku pasar berkomunikasi dengan sesamanya, pelanggan dan calon pelanggan bisa menjadikan identitas kepada brand atau merk yang dipasarkan. Media sosial sekarang ini tak lagi hanya sebuah alat komunisasi, tetapi kini media sosial memiliki peran penting dalam pemasaran perusahaan.

Pemasaran perusahaan selama ini masih bersifat konvensional, manual yang monoton tanpa terobosan, gebrakan baru membuat perusahaan seringkali mengalami kesulitan dalam memasarkan produk yang dihasilkan  hingga akhirnya perusahaan pun mengalami penurunan pendapatan.

Kini setelah media sosial memiliki peran aktif dalam memainkan dalam dunia pemasaran perusahaan dengan pemasaran digitalnya membuat perusahaan pun mengalami perkembangan dan kemajuan yang demikian pesat. Perusahaan bisnis  konvensional  yang selama ini  dengan toko dan gerainya dalam pemasarannya biasanya lewat iklan, spanduk, brosur atau media lainnya. Pemasaran perusahaan awalnya sering dilakukan  lewat pameran, iklan di radio atau televisi, brosur dan lainnya. Promosi lewat pameran, iklan, brosur terkadang kurang efektif.

Terkadang pula pemasaran perusahaan lewat media selama ini tidak mampu meningkatkan pendapatan perusahaan. Media sosial yang terkenal dengan fitur-fiturnya yang inovatif terkadang terlewatkan oleh perusahaan konvensional sebagai media pemasaran, karena dianggap tidak efektif.

Kini media sosial  yang awalnya  sebagai media komunikasi, layanan konsumen dan dipandang sebelah mata oleh sebagian orang   keberadaan media sosial. Media sosial dewasa ini mulai dilirik  dan diperhitungkan oleh perusahaan besar, karena diduga  media sosial demikian bermanfaat untuk meningkatkan pendapatan perusahaan.

Keberadaan media sosial mulai dilirik oleh Perusahaan  sekedar sebagai media promosi, namun  sering kali perusahaan  memanfaatkan media sosial untuk memasarkan bisnis yang dirintis saat ini.

Media sosial  terkenal seperti Line, Facebook, Whatsapp, Twitter, Instagram, Pinters, linkedin adalah applikasi media sosial  yang dipandang tepat sebagai tempat memasarkan dan promosi suatu produk perusahaan. Era sekarang ini perlu strategi yang jitu  dan inovatif agar perusahaan tidak monoton dengan pola- pola  pemasaran yang begitu- begitu saja tanpa trobosan yang inovatif. Pola lama dipandang sudah  tidak relevan lagi dizaman era globalisasi. Gebrakan Inovasi yang kreatif itu perlu dan menjadi suatu keharusan untuk menjawab tantangan zaman.

Media sosial  dalam  pemasaran perusahaan yang  kreatif perlu dilakukan. Selama media sosial ini memberi manfaat bagi perusahaan pola seperti ini bisa terus dilakukan. Selama ini  pemasaran perusahaan dalam zona aman tanpa kreatifitas yang berarti dan perlu strategi yang  keluar  dari zona aman.

Inovasi pemasaran perusahaan perlu dan harus dilakukan. Banyak perusahaan yang berhasil sukses dan maju setelah berinovasi dalam pemasaran perusahaan lewat media sosial. Inovasi pemasaran perusahaan yang ngetrend diera globalisasi adalah pemasaran digital. Sebagian perusahaan dewasa ini terkadang enggan melakukan inovasi pemasaran dengan menggunakan pemasaran digital dengan alasan tertentu.

Setelah melihat pengalaman dari perusahaan yang ada selama ini sebagian besar perusahaan beralih ke pemasaran digital yang dianggap effektif dan inovatif. Kini banyak perusahaan memasarkan lewat pemasaran digital. Pemasaran digital dipandang  sebagai strategi dan bagian penting dalam pemasaran suatu  perusahaan. Media sosial adalah applikasi populer yang dianggap mampu menarik konsumen.

Dari media sosial seperti Facebook, Instagram, linkedin, Twitter, konsumen bisa melihat dari dekat produk-produk yang di tawarkan oleh sebuah perusahaan.

Dari media sosial inilah konsumen bisa membeli  dan  transaksi produk yang ditawarkan perusahaan. Sisi lain dari media sosial  dalam pemasaran perusahaan  tidak hanya sebagai tempat Pemasaran produk perusahaan. Media sosial selama ini sebagai tempat promosi sebuah produk perusahaan.

Media sosial dalam pemasaran perusahaan bisa jadi sebagai alat komunikasi dalam bertransaksi atau layanan konsumen.

Media sosial dalam pemasaran perusahaan memiliki peran penting dalam memperkenalkan brandnya dan membantu menyebarkan pesannya secara percakapan dengan santai. Sisi lain dari media sosial memberikan identitas terhadap produk yang ditawarkan. Media sosial juga
sebagai alat komunikasi bagi orang- orang yang tertarik terhadap produk sehingga membangun loyalitas pelanggan.

Sisi lain dari media sosial dalam pemasaran perusahaan tidak hanya sebagai media promosi. Media sosial seringkali dimanfaatkan sebagai dasar untuk riset pasar dengan menggunakan platfrom Facebook insight,Twitter counter dapat melihat dan mengetahui aktifitas pasar.

Media sosial juga bisa meningkatkan customer engagement dengan pelanggan. Selain sebagai customer engagement  dan riset pasar media sosial bisa digunakan untuk membuka jaringan bisnis seluas-luasnya secara global.

Media sosial dikembangkan bisa memberi kesempatan kepada investor untuk berinvestasi pada bisnis yang dikembangkan saat ini.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Portal User

To Top