Connect with us

Layanan Diblokir 8 Hari, Ratusan Berkas Menumpuk di Disdukcapil Makassar

Keoala Disdukcapil Makassar, Aryati Puspa Abady

Portal Makassar

Layanan Diblokir 8 Hari, Ratusan Berkas Menumpuk di Disdukcapil Makassar

PORTALMAKASSAR.COM – Penumpukan berkas terjadi di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Makassar sejak layanan kependudukan diblokir oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada 8 Januari 2020 lalu.

Kepala Disdukcapil Makassar, Aryati Puspa Abady mengatakan, penumpukan dokumen mencapai ratusan berkas dengan rincian akta kelahiran sebanyak 335, Kartu Keluarga 300 lebih, akta kematian 25, akta perceraian 100, dan akta perkawinan berjumlah 24.

Aryati menuturkan, penumpukan berkas tersebut menjadi prioritas utama untuk diselesaikan.

“Penumpukan dokumen yang terjadi sejak dihentikannya layanan capil oleh Kemendagri menjadi prioritas untuk diselesaikan. Jadi dokumen-dokumen yang sudah dimasukkan oleh masyarakat pada saat offline selama 6 hari kerja itu sudah diantisipasi,” ungkapnya.

Aryati menjelaskan, selama layanan berada dalam status luring, petugas loket capil tetap melakukan penginputan. Setelah jaringan pulih, semua sudah diajukan dan diselesaikan seluruhnya.

“Jadi dokumen yang diajukan masyarakat pada saat offline sudah di selesaikan semua, sudah dicetak dan sudah siap diserahkan ke masyarakat, semua dokumen pada saat offline kita tetap terima,” pungkasnya.

PENULIS: SYAMSI NUR FADHILA

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Portal Makassar

To Top