Connect with us

Dua Dekade Jurusan Ekonomi Islam UIN Alauddin Gelar Seminar ‘Industri Halal’

Dok. Citizen Reporter

Citizen Jurnalism

Dua Dekade Jurusan Ekonomi Islam UIN Alauddin Gelar Seminar ‘Industri Halal’

Pengirim:
Indra Asrianda
Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Makassar

PORTALMAKASSAR.COM – Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar sukses menggelar seminar Nasional dengan mengangkat Tema “Peluang dan tantangan industri halal di Indonesia”.

Seminar yang berlangsung di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar tersebut dihadiri sekitar 200 orang.

Seminar tersebut merupakan rangkaian 2 dekade jurusan Ekonomi Islam. Saat ditemui, Ketua Panitia, Indra Saleh mengatakan, alasan diangkatnya tema tersebut ialah untuk menarik minat mahasiswa untuk terjun ke industri halal.

“Kami mengangkat tema ini untuk memperkenalkan industri halal kepada masyarakat khususnya kepada mahasiswa dengan harapan mereka bisa terjun ke industri tersebut” jelasnya.

Seminar yang berlangsung pada, Kamis 12 September 2019, tersebut dibuka oleh Dr. Muh. Firda, M. Si dari instansi pemerintah daerah Sulawesi Selatan (menggantikan wakil gubernur sulsel, Andi Sudirman Sulaiman,ST).

Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya persaingan industri halal agar dapat bersaing dalam kanca Nasional maupun Internasional.

Sedangkan yang menjadi pemateri ialah pertama ialah Kepala Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kementrian Agama, Prof. Ir. Sukoso, M. Sc, Ph. D, Pemateri Kedua Ketua Komisi Hukum & Hak Asasi Manusia MUI kota Makassar, Prof. Dr. H. M. Arifin Hamid, S.H,. M. H, Pimpinan Wilayah Komisi VI PT. Pegadaian Persero Makassar.

Dalam pemaparan nya, Prof. Dr. Suroso mengatakan, “Saat ini halal merupakan sebuah industri, dan industri halal memiliki peluang menjadi penopang ekonomi nasional dengan pertimbangan Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di Dunia”

“Namun sampai hari ini, industri halal Indonesia masih berada di urutan mereka 10, kalah dari negara tetangga Malaysia yang berada di puncak urutan 1”, lanjutnya.

Dalam peringatan 2 dekade, ekonomi islam juga akan menyelenggarakan Expo dan temu alumi ekonomi Islam UIN Alauddin Makassar.

1 Comment

1 Comment

  1. ปั้มไลค์

    09/12/2019 at 4:14 pm

    Like!! I blog frequently and I really thank you for your content. The article has truly peaked my interest.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Citizen Jurnalism

To Top