Connect with us

BI Sebut Inflasi di Makassar Masih Tergolong Aman

Ekonomi

BI Sebut Inflasi di Makassar Masih Tergolong Aman

PORTALMAKASSAR.COM – Bank Indonesia Sulawesi Selatan menyebut, inflasi Kota Makassar masih berada pada rentang sasaran 3,5+1% dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) per November 2019 berada pada posisi 3,34% (yoy).

Direktur Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Selatan, Endang Kurnia Saputra mengatakan, angka ini masih tergolong aman untuk Kota Makassar.

“Inflasinya terkendali di kota Makassar ini. Kalau dulunya kota Makassar inflasinya 8%, 9% sekarang sekitar 3%. Jadi kemungkinan sekarang kita bisa kendalikan di bawah 4,5%, paling tinggi sekitar 3,4% lah,” kata Endang, Rabu (4/12).

Kendati demikian, kata Endang, ada hal-hal yang perlu dikhawatirkan terkait inflasi tahunan ini. Salah satunya ialah kelompok bahan makanan yang berpotensi meningkat di akhir tahun.

“Namun, ada yang mesti dikhawatirkan inflasi tahunan di Makassar, terutama bersumber dari kelompok bahan makanan yang naik mencapai (7,34%, yoy), diikuti kelompok sandang (5,68%, yoy) dan kelompok makanan jadi (3,65%, yoy),” bebernya.

Adapun komoditas utama penyumbang inflasi antara lain cabai rawit, cabai merah, ikan layang, ikan cakalang, kue basah, dan ikan bandeng, serta emas perhiasan.

Melihat trend tersebut, BI sendiri akan mendukung Pemerintah Kota Makassar untuk mempertahankan inflasi tetap rendah dan stabil di bawah 3,5% hingga akhir tahun ini dengan cara mengadakan pasar murah untuk Rumah Tangga Miskin (RTM).

Syamsi Nur Fadhila

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ekonomi

To Top