Connect with us

OPINI: Selamat Hut TNI Ke-74, Peran Babinsa Sebagai Wujud Kemanunggalan TNI dan Rakyat

Opini

OPINI: Selamat Hut TNI Ke-74, Peran Babinsa Sebagai Wujud Kemanunggalan TNI dan Rakyat

Fahmi Rahman
Kades Kalepadang

PORTALMAKASSAR.COM — Puncak kegiatan perayaan Hut TNI ke 74, kodim 1415 kepulauan selayar akan mengadakan event akbar yang melibatkan semua stakeholder.

Hut TNI yang ke 74, selain memperkuat soliditas antara TNI dengan Rakyat, juga memberi dampak bagi kemajuan daerah.

Hal ini dapat kita lihat dengan diadakannya event trail adventure challenge 2019 sebuah terobosan yang sangat briliant dari kodim 1415 kepulauan selayar.

Kemanunggalan TNI bersama rakyat sebagai bukti bahwa tidak hanya di medan perang melawan musuh negara akan tetapi dalam aspek sosial dapat kita lihat bagaimana peran babinsa dalam kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan terus dilakukan.

Desa sebagai teritorial penting dalam sistem pertahanan negara, bilamana desa telah di susupi oleh ancaman, seperti berkembangnya paham-paham radikal dan stabilitas keamanan mulai bergolak maka tentu akan mengancam sistem pertahanan kita.

Saya melihat kodim 1415 telah mengantisipasinya dengan membentuk komponen pertahanan melalui latihan bela negara yang melibatkan unsur dari tiap desa, jadi tiap desa sudah ada yang di percayakan untuk menjaga teritorial guna membantu tugas-tugas babinsa dan babinkamtibmas, dan tentu di bawah kontrol aparat pemdes.

Besar harapan berharap di masa akan datang berlanjut kegiatan seperti ini, bila perlu di desa akan kita bentuk posko khusus untuk mengadakan pelatihan bela negara, babinsa yang dipercayakan untuk memformat setiap kegiatan dan tugas sebagai perangkat desa adalah merekrut anak-anak muda di desa agar ikut dalam menjaga teritorial melalui latihan bela negara. (*)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Opini

To Top