Connect with us

Di Pinrang, Tim PKM Kimia Unhas Beri Edukasi Masyarakat Cara Buat Kecap dari Air Kelapa

sumber: Fajar.co.id

Komunitas

Di Pinrang, Tim PKM Kimia Unhas Beri Edukasi Masyarakat Cara Buat Kecap dari Air Kelapa

PORTALMAKASSAR.COM — Tim Pengabdian Masyarakat Departemen (PKM) Kimia Unhas melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Kelurahan Mattiro Deceng, Kabupaten Pinrang.

Kegiatan ini diselenggarakan merujuk pada potensi perkebunan yang cukup besar, salah satunya komoditas buah kelapa yang terdapat di Kabupaten Pinrang terkhusus di Kelurahan Matiro Deceng.

Selain itu, pemanfatan potensi kelapa di kelurahan Mattiro Deceng belum begitu maksimal. Selama ini air kelapa hanya digunakan untuk kebutuhan konsumsi masyarakat, namun kadang dibuang ketika jumlahnya berlebih.

Pelatihan dibuka secara langsung oleh Lurah Mattiro Deceng, Andi Samsul. Beberapa perwakilan kelompok PKK yang hadir dari kelurahan lain antara lain Pammase, Marawi, Fakkie, dan Tiroang. Tercatat sekitar 43 ibu-ibu PKK hadir dalam kegiatan tersebut.

Dilansir dari Fajar.co.id, Pada pelaksanaannya, ibu-ibu PKK tersebut diberikan pengetahuan manfaat dari air kelapa bagi kesehatan dan bagaimana cara pembuatan kecap berbahan dasar kelapa dengan pengawet kitosan tersebut.

Demonstrasi pembuatan kecap secara langsung dilakukan oleh Tim PKM Kimia Unhas dengan bahan-bahan yang cukup mudah diperoleh di pasar tradisonal antara lain air kelapa, keluwak, pekak, garam, gula merah, dan bubuk tempe/kedelai. Proses pembuatannya pun cukup mudah dengan peralatan yang sederhana dan praktis. (*)

(Fajar.co.id)

Continue Reading
You may also like...

More in Komunitas

To Top