Connect with us

Dorong Pelestarian Ekowisata, GenBI Sulsel Tanam Mangrove Serta Bangun Gapura di Lantebung

Komunitas

Dorong Pelestarian Ekowisata, GenBI Sulsel Tanam Mangrove Serta Bangun Gapura di Lantebung

PORTALMAKASSAR.COM – Hari Kedua GenBI Sulsel bersih Indonesia, digelar aksi menanam 1.500 bibit Mangrove Minggu, 1 Desember 2019 di Hutan Mangrove Lantebung, Ke. Bira, Kec. Tamalanrea, Makassar.

Selain penanaman 1.500 bibit mangrove, aksi bersih Lantebung, Peresmian Gapura sekaligus Maskot Lantebung yang diwakili langsung oleh Lurah Bira, Muh. Kasim, S.Sos beserta dengan Duta Wisata Lingkungan Hidup SulSelBar.

Dalam kegiatan peresmian tersebut antuasiasme pengunjung dan masyarakat sangat tinggi, mengingat belum ada gapura di kawasan Ekowisata Lantebung.

Kemudian setelah meresmikan gapura, Lurah Bira beserta GenBI berjalan menuju kawasan Mangrove dan melakukan aksi penanaman bibit Mangrove sebanyak 1.500 bibit mangrove. Dalam aksi tersebur turut dimeriahkan oleh berbagai komunitas pemerhati lingkungan, seperti rekan-rekan dari Intrapala, O.P.A Savana Bone, Pospa, TBF Alauddin, dan Peduli Gowa.

Adapun tujuan dari Bersih Indonesia 2019 ini ialah meningkatkan kepekaan masyarakat terhadap kebersihan lingkungan ekowisata di Lantebung, melatih kemampuan masyarakat dalam pengelolaan sampah, serta mendukung pengadaan fasilitas ekowisata lantebung.

“Jadi di Lantebung ini, teman-teman dari GenBI juga telah membuat spot pabrik kata-kata di Ekowisata Lantebung. Selain meningkatkan kesan estetik di wilayah ini, spot tersebut berisi pesan-pesan agar pengunjung lebih peka dan peduli terhadap lingkungan, sehingga kedepannya Lantebung nantinya menjadi hutan mangrove besar yang bisa meningkatkan nilai ekonomi dan bisa mendatangkan banyak wisatawan untuk berkunjung,” ujar Andi Muh. Alif Ichwan, selaku Ketua Umum GenBI Wilayah Sulawesi Selatan.

Ia berharap bahwa Bersih Indonesia rutin diadakan setiap tahun. Alief berharap bahwa dengan menjadi Frontliner, GenBI Sulsel dapat berkontribusi sebesar-besarnya dan sebaik-baiknya khususnya untuk masyarakat Sulawesi Selatan dan tidak pernah padam semangatnya terhadap Peduli Lingkungan.

Penulis: Aulia Fajriani Kamaruddin

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Komunitas

To Top