Connect with us

KPU Sulsel Akan Temui KPU RI Bahas Pengganti Misnah Attas

News

KPU Sulsel Akan Temui KPU RI Bahas Pengganti Misnah Attas

PORTALMAKASSAR.COM – Misnah M Attas secara mendadak mundur dari jabatannya sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel periode 2018-2023.

Mantan Ketua KPU Makassar itu menyatakan mundur usai menggelar sidang pleno di kantor KPU Sulsel, Jl. A.P. Pettarani, Makassar Jumat (23/11/2019).

Komisioner KPU Sulsel, Fatmawati membenarkan jika Misnah M Attas mengundurkan diri dari jabatannya sebagai ketua.

“Waktu rapat pleno di kantor beliau sampaikan mengundurkan diri dari jabatannya,” kata Fatmawati, Sabtu (23/11).

Terkait alasan mundurnya Misnah M Attas sebagai ketua KPU Sulsel, Fatmawati tidak memberikan penjelasan secara jelas namun dirinya dalam pleno ditunjuk sebagai Pelaksana tugas (plt).

“Kemarin teman-teman komisioner menunjuk sementara saya, sebagai Plt”, katanya.

KPU RI telah mengetahui perihal mundurunya Misnah M Attas sebagai ketua. Rencananya, lanjut Mantan Komisioner Bawaslu Sulsel, Senin 25 November 2019 para komisioner bakal bertemu KPU RI untuk berkonsultasi perihal mundurnya ketua KPU Sulsel.

“Kita konsultasikan untuk menentukan kembali Ketua KPU Sulsel definitif,” ujarnya.

Komisioner KPU Sulsel lainnya yang dikonfirmasi, Uslimin menyatakan semua informasi menyangkut mundurnya Misnah M Attas diserahkan ke Fatmawati.

“Satu pintu ke Bu Fatma (Fatmawati) sebagai plt ketua,” kata Uslimin melalui pesan WhatsApp kepada Portalmakassar.com,” Sabtu (23/11).

Terpisah, Ketua Bawaslu Sulsel, Laode Arumahi yang dikonfirmasi perihal apakah pengunduran Misnah M Attas sudah disampaikan ke Bawaslu Sulsel, menurutnya itu masalah internal KPU.

“Pengunduran diri sebagai Ketua adalah persoalan internal KPU Sulsel tidak ada kewajiban menyampaikan surat ke Bawaslu,” kata Laode melalui WhatsApp, Minggu (24/11).

Terkait penggantian, kata Laode tidak terikat dengan urutan tapi kembali pada pleno anggota.

Belakangan, situasi yang menyangkut KPU Sulsel terkait dengan pemilihan legislatif (Pileg) 2019 lalu, dimana ada dua caleg belum dilantik karena persoalan perolehan suara dari internal partai yakni PDI Perjuangan dan Gerindra.

Dua caleg itu, Novianus YL Patanduk dari PDIP dan Misriyani Ilyas dari Partai Gerindra. Keduanya terpilih melalui Daerah Pemilihan (Dapil) II Sulsel atau Makassar B. Meliputi Kecamatan Panakkukang, Manggala, Tamalanrea, dan Biringkanaya.

Keduanya tidak dilantik bersama 83 legilator di gedung DPRD Sulsel periode 2019-2024 pada 24 September 2019 lalu.

Sehingga masalah ini diduga menjadi penyebab Misnah M Attas memutuskan mundur karena merasa bertanggungjawab namun tak selesai hingga kini.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News

To Top