Connect with us

Portal Makassar Sudah Terverifikasi Admnisitrasi di Dewan Pers

News

Portal Makassar Sudah Terverifikasi Admnisitrasi di Dewan Pers

PORTALMAKASSAR.COM – Media online Portalmakassar.com akhirnya mendapat pengakuan dari dewan pers yakni perusahaan media yang terverifikasi secara administrasi.

Dari laman resmi dewanpers.or.id (https://dewanpers.or.id/data/perusahaanpers) merilis media online Portalmakassar.com sudah lolos untuk mendapat status terverifikasi secara administrasi tanggal 17 Juni 2019.

Selain portalmakassar, dua media online di Sulsel lainnya ikut mendapat lisensi terverifikasi, yakni Rakyatku.com dengan status Terverifikasi Administrasi & Faktual serta Beritanasional.id dengan status Terverifikasi Administrasi.

Dengan demikian, tercatat sudah ada 6 media massa jenis siber (online) di Sulsel mendapat status terverifikasi.

Sebelumnya ada Kabarmakassar.com (terverifikasi administrasi & faktual), Makassar.terkni.id (terverifikasi administrasi & faktual) dan koranmakassar.com (terverfikasi adminisitrasi).

Khusus yang berstatus terverfikasi administrasi, akan melakukan satu tahapan lagi untuk mendapatkan status terverifikasi faktual oleh dewan pers.

Berikut Berkas Disiapkan Daftar ke Dewan Pers

Sebelum mendapat pengakuan terverifikasi administrasi, perusahaan pers melakukan pendaftaran melalui laman dewanpers.or.id.

Berikut kesiapan berkas untuk melakukan pendaftaran, dokumen badan hukum perusahaan, bukti pencantuman nama penanggungjawab dan alamat redaksi, fotokopi bukti pendaftaran di Kementerian Hukum dan HAM, bukti pay roll pembayaran gaji wartawan termuda, foto ruangan dan gedung redaksi, sertfikat kompetensi wartawan dari pemimpin redaksi, bukti penerbitan atau penyiaran, dan lain-lain.

Setelah bukti terlengkapi maka berkas pendaftaran tersebut diverifikasi apakah sudah sesuai atau tidak. Selain verifikasi juga bisa dilakukan dengan cara cross check keaslian dokumen-dokumen utama yang ada.

Terutama terkait jenis usaha, apakah fokus pada jenis usaha pers dan dunia media atau badan hukum perusahaan pers dimaksud menjadi bagian dari
usaha perdagangan umum secara luas. Dewan Pers membagi proses verifikasi menjadi dua, yaitu verifikasi administrasi dan verifikasi faktual.

Verifikasi administrasi yang dilakukan Dewan Pers hanya meliputi pencatatan dan pemeriksaan atas dokumen-dokumen yang telah ada atau sudah diterima Dewan Pers saja. Sedangkan verikasi aktual menunjukkan baha Dewan Pers telah memeriksa semua persyaratan.

Misalnya terkait autentitas, orisinalitas, dan integritas obyek seperti apakah obyeknya masih utuh atau sudah diubah. Verifikasi faktual menunjukkan bahwa baik administrasi maupun fakta-faktanya telah   memenuhi semua persyaratan yang dipersyaratkan undang-undang maupun peraturan Dewan Pers.

Dengan demikian verifikasi faktual adalah upaya final Dewan Pers untuk membuktikan bahwa informasi yang terkait sebuah perusahaan pers sepenuhnya dapat dipercaya.

Verifikasi Media Amanat UU Pers

Verifikasi media adalah bagian penting yang menjadi mandat Dewan Pers. Verifikasi adalah suatu proses pemeriksaan untuk menentukan data dan informasi yang disampaikan perusahaan pers ke Dewan Pers itu sudah benar dan sesuai atau tidak. Verifikasi adalah suatu proses pembuktian secara faktual. Selain tercantum dalam fungsi Dewan Pers untuk mendata perusahaan pers sebagai mana diamanatkan undang-undang (Pasal 15 butir g UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers),

More in News

To Top