Connect with us

Tiap Hari Hampir 10 Jasad Dimakamkan, Kepala UPT Pemakaman: TPU Sudiang Hanya Mampu Bertahan Tahun Depan

Lahan TPU Sudiang. Dok. Ist/Fb

News

Tiap Hari Hampir 10 Jasad Dimakamkan, Kepala UPT Pemakaman: TPU Sudiang Hanya Mampu Bertahan Tahun Depan

PORTALMAKASSAR.COM – Lahan TPU Pekuburan Islam Sudiang, Kec. Biringkanaya, dengan luas 12 hektar diprediksi akan ditutup pada 2020 tahun depan karena sudah tidak mampu lagi menampung.

Demikian disampaikan, Kepala UPT Pemakaman Kota Makassar, St Khadijah Amiruddin, kepada portalmakassar.com, Rabu (3/7/2019) malam.

“Iya. Di Sudiang itu hanya mampu bertahan 2020. Saya sudah menyurat ke pertanahan untuk pembebasan lahan baru,” kata St Khadijah melalui pesan WhatsApp, kemarin.

Saat ini Pemkot Makassar memiliki tujuh kompleks pemakaman yaitu Pekuburan Islam Sudiang, Paropo, Biruanging, Dadi, Maccini, Pekuburan Kristen Panaikang, dan Pannara.

Di antara ketujuh kompleks pemakaman itu, hanya TPU Sudiang yang masih aktif hingga saat ini, dan diprediksi tahun 2020 akan ditutup karena penuh.

“Ada enam sampai tujuh makam baru di TPU Sudiang setiap hari, dengan kondisi seperti ini, TPU Sudiang hanya mampu bertahan hingga tahun depan,” tegas Khadijah.

Terkait lahan yang sudah dibebaskan Pemkot di Kecamatan Manggala (belakang blok 10 perumnas Antang), kata dia, menunggu arahan dari Wali Kota Makassar.

“Belum ada arahan. Karena di lokasi itu tidak ada akses jalan masuk,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Pertanahan Pemkot Makassar, Sofyan Manai manyampaikan lahan di Manggala sudah dibebaskan. Namun ia belum bisa memastikan apakah lahan tersebut untuk dijadikan TPU baru.

“Iya tepatnya dibelakang Blok 10 dekat kanal sudah kami bebaskan. Tapi kalau ditanya untuk TPU itu kami tidak bisa pastikan,” tambahnya saat dikonformasi melalui selulernya, Rabu (3/7).

HS

Continue Reading
You may also like...
1 Comment

1 Comment

  1. EDITOR1

    07/05/2019 at 8:33 am

    Mantap

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News

To Top