Connect with us

40 Mahasiswa FDK UIN Alauddin Ikuti Seminar Public Speaking Selama 3 Hari

Pendidikan

40 Mahasiswa FDK UIN Alauddin Ikuti Seminar Public Speaking Selama 3 Hari

PORTALMAKASSAR.COM – Sebanyak 40 mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), UIN Alauddin Makassar, mengikuti Workshop 3 Days Public Speaking, di Lt. Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Kabupaten Gowa.

Inisiator workshop Public Speaking, Irnawati M.Ikom mengatakan, sebagai mahasiswa sepatutnya harus memiliki kepercayaan diri ketika berbicara di depan umum sebagai kunci utama.

“Kemampuan berbicara mutlak untuk dikuasai mahasiswa, apalagi lulusan Ilmu Komunikasi. Sangat aneh jika mahasiswa lulusan prodi ini tidak dapat berbicara di depan publik,” kata Irnawati, Kamis (3/10/2019).

Irnawati menambahkan, mereka akan dibekali ilmu seni berbicara di depan umum atau public speaking melalui pembelajaran teori hingga praktek.

Dalam workshop ini, Irnawati mengajarkan hal-hal yang bersifat teknis, seperti faktor penting dalam public speaking.

“Faktor yang dimaksud adalah bahasa verbal dan nonverbal. Dijelaskan bahwa suara, mengatur intonasi, gerak tubuh dan lainnya menjadi faktor nonverbal yang paling banyak diperhatikan oleh audience,” jelas Irnawati.

Hal semacam kata Irnawati itu dapat dilatih, bukan tidak dapat diubah.

Sementara itu, Wakil Dekan III Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar, Dr.Irwanti Said, M.Pd hadir membuka workshop sekaligus sebagai keynote dan guest speaker.

Dia berharap melalui workshop public speaking ini, mahasiswa tidak hanya paham teori, tapi nantinya mahasiswa lebih profesional dalam bidang public speaking. (*)

MUH ERVIN SAPUTRA

More in Pendidikan

To Top