Connect with us

Ketua BPJPH Ingin Unibos Dirikan Kantin Halal

Pendidikan

Ketua BPJPH Ingin Unibos Dirikan Kantin Halal

PORTALMAKASSAR.COM – Ketua Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Republik Indonesia, Prof. Sukoso, M.Sc.,Ph.D mendorong Universitas Bosowa (Unibos) mendirikan kantin berbasis halal.

Hal tersebut diungkapkan saat membawakan kuliah umum dengan tema “Peranan Perguruan Tinggi Dalam Mendorong Akselerasi Produk Halalan Thoyyibah” di Auditorium Aksa Mahmud Lantai 9 Gedung II Unibos, Senin (15/04/2019).

Dihadiri oleh jajaran pimpinan Unibos, pengurus Halal Center Unibos, Dosen dan Mahasiswa, Ketua BPJPH RI memaparkan tentang bagaimana pentingnya sebuah ekosistem halal untuk hidup manusia utamanya ummat muslim.

“Ekosistem halal itu penting untuk kita ketahui. Tidak hanya menimbulkan nilai manfaat bagi produsen tetapi juga konsumen. Ekosistem halal bukan hanya tentang apa yang kita konsumsi, tetapi juga mulai dari proses pembuatan produk, asal produk, bagaimana pemeliharaannya dan bagaimana proses jualnya. Jika salah satunya tidak sesuai dengan syariat, maka tidak dapat dipastikan itu adalah produk yang halalan thoyyibah”, ungkapnya.

Prof. Sukoso, M.Sc.,Ph.D menerangkan bagaimana proses awal perguruan tinggi dapat menjadi agen penerapan halalan thoyyibah pada diri civitas akademika yaitu dimulai dengan proses penyaringan tenant.

“Salah satu bentuk pergerakan awal bisa kita mulai dengan mendirikan kantin halal. Bukan hanya dari segi makanan, tetapi juga mulai proses penyaringan tenant, palayanan dan fasilitas”, terang Ketua BPJPH RI.

Bagi Prof Sukoso, Pertimbangan halal memang akan berpengaruh pada perspektif industri dan marketing. Namun, menurutnya sebagai manusia memiliki kewajiban untuk saling mengawasi dan mengingatkan agar tidak memasukan seperangkat material yang konteks dari turunannya itu tidak halal.

MUH.ERVIN SAPUTRA

More in Pendidikan

To Top