Connect with us

Lembaga Survei Mengkan PDI-P, Gerinda dan Golkar Kedua dan Ketiga

Politik

Lembaga Survei Mengkan PDI-P, Gerinda dan Golkar Kedua dan Ketiga

PORTALMAKASSAR.COM – Voxpol Center Research and Consulting menyelenggarakan survei mengenai elektabilitas partai politik peserta Pemilu 2019.

Untuk mengukur elektabilitas partai, survei yang dilakukan pada 18 Maret hingga 1 April 2019 ini, mengajukan dua model pertanyaan kepada 1.600 responden yang terlibat.

Dua model pertanyaan itu adalah terbuka dan tertutup.

Hasilnya, ketika diajukan pertanyaan tertutup yaitu dengan mengajukan nama-nama partai politik peserta Pemilu 2019, partai dengan elektabilitas tertinggi yaitu PDI Perjuangan, Gerindra, dan Golkar.

“Hasilnya sebanyak 24,1 persen memilih PDI Perjuangan, lalu 19,3 persen memilih Gerindra, 9,5 persen memilih Golkar, 6,1 persen memilih PKB dan 5,7 persen memilih Demokrat,” kata¬†Direktur Exekutif Voxpol Pangi Syarwi Chaniago saat konferensi pers di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (9/4/2019).

Sementara, Partai Nasdem dan PAN masing-masing dipilih 4,3 persen dan 4,1 persen responden.

Jika mengacu pada ambang batas parlemen sebesar 4 persen, artinya Partai Garuda, Partai Berkarya, PKS, Perindo, PPP, PSI, Hanura, PBB dan PKPI tidak lolos ke Senayan karena elektabilitasnya diprediksi di bawah ambang batas.

Sementara, 14,9 persen responden menyatakan belum memutuskan partai politik pilihannya.

“Entah apa yang ditunggu undecided voters ini. Apakah menunggu masa kampanye selesai, menunggu sembako, bantuan mungkin. Atau ada juga yang perlu salat istiqoroh baru nyoblos atau lainnya,” ujar Pangi.

(kompas.com)

More in Politik

To Top