Connect with us

Metro Tv Jadi Penyelenggara Debat ke 4, BPN Minta Tv Netral

Politik

Metro Tv Jadi Penyelenggara Debat ke 4, BPN Minta Tv Netral

PORTALMAKASSAR.COM – Grup Emtek dan Metro TV akan menjadi penyelenggara debat capres keempat Pilpres 2019. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memberikan catatan bagi stasiun TV penyelenggara.

“Untuk debat keempat TV penyelenggaranya adalah grup Emtek dan Metro TV. BPN 02 memberi catatan bahwa TV penyelenggara debat keempat untuk bersikap independen, netral, dan profesional,” ujar komisioner KPU Wahyu Setiawan di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (25/3/2019).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Relawan BPN Ferry Mursyidan Baldan menjelaskan alasan pihaknya memberikan catatan. Menurutnya, hal ini lantaran perlunya independensi, netralitas, dan profesionalitas TV penyelenggara debat.

“Catatan dari kami, jelas kami ingin menegaskan bagaimana pentingnya independensi netralitas dan profesionalitas dari TV penyelenggara, karena ini bagian dari rangkaian yang diatur UU,” kata Ferry.

“Bahwa debat itu adalah sebuah sajian yang memberi kesempatan para paslon untuk memaparkan, menyampaikan visi-misi. Ha itu diatur oleh undang-undang yang kemudian dibuat sedemikian rupa oleh KPU. Saya kira itu yang berkaitan dengan kenapa kita beri catatan terhadap penyelenggara ini,” sambungnya.

Menurutnya, hasil debat untuk membantu masyarakat menentukan pilihannya. Dia mengatakan, bila penyelenggara tidak netral dan independensi, debat tidak perlu dilaksanakan.

“Kami ingin tegaskan, jangan cederai proses demokrasi itu. Biarkan hasil debat membuat masyarakat menentukan pilihannya. Kalau ini diselenggarakan dengan tidak independensinya, netralitasnya, profesionalitasnya, ya, tidak usah ada debat, tidak mendidik bangsa ini tidak menggambarkan sebuah proses komitmen kita pada pemilu,” ujar Ferry.

(detik.com)

Continue Reading
You may also like...

More in Politik

To Top