Connect with us

6 Calon komisioner Ombudsman Ikuti Seleksi Terakhir

Portal Makassar

6 Calon komisioner Ombudsman Ikuti Seleksi Terakhir

PORTALMAKASSAR.COM – Sebanyak 6 calon komisioner Ombudsman Kota menjalani seleksi terakhir berupa uji publik dihadapan tim seleksi.

Proses seleksi berlangsung di Ruang Sipakatau, Balaikota Makassar, Senin (15/4/2019).

Pembentukan Ombusman Kota Makassar ditetapkan dengan Peraturan Walikota Makassar nomor 2 Tahun 2019. Regulasi itu kemudian ditindaklanjuti dengan pembentukan Timsel penerimaan komisioner.

Menurut Walikota Makassar Danny Pomanto, Ombudsman Kota Makassar diharapkan dapat mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik Pemkot Makassar. Apalagi, pergeseran jabatan di Lingkup Pemkot Makassar nantinya berdasarkan tingkat kepuasan masyarakat.

“Saya kira mirip Ombudsman provinsi, cuma kan fokusnya di Makassar. Yang menarik nanti pergantian-pergantian jabatan di Pemkot berdasarkan tingkat kepuasan masyarakat, ukurannya di Ombudsman,” kata Danny Pomanto.

Danny Pomanto menegaskan tujuan pembentukan Ombudsman tidak muluk-muluk. Pemikiran yang melatarbelakangi hadirnya Ombudsman di Kota Makassar dalam rangka memberikan pelayanan publik yang terbaik.

Pelayanan terbaik, kata Danny Pomanto, diperlukan pemberdayaan pengawasan eksternal terhadap penyelenggaraan pelayanan. Sementara perbaikan penyelenggaraan pelayanan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan dan pembaruan tata pemerintahan.

“Ombudsman Kota Makassar merupakan bagian dari upaya kita melakukan perbaikan dan pembaruan tata pemerintahan,” ujar Danny Pomanto.

Salah satu aspek perbaikan dan pembaruan tata pemerintahan disebutkan Danny Pomanto, dengan memastikan adanya kontrol warga terhadap pelayanan publik dari pemerintah.

Peran kontrol yang dimaksud adalah memastikan hak warga terutama di bidang ekonomi, sosial dan budaya dalam konteks Hak Asasi Manusia (HAM).

“Sehingga ukuran-ukuran dari ketidakpuasan masyarakat, itu akan terlihat dari seberapa banyak keluhan di Ombudsman,” tutupnyw

MUH.ERVIN SAPUTRA

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Portal Makassar

To Top