Connect with us

Asap Kebakaran TPA Mengandung Zat Berbahaya, Kadinkes Makassar Larang Anak-anak Berkeliaran di Lokasi Kejadian

Portal Makassar

Asap Kebakaran TPA Mengandung Zat Berbahaya, Kadinkes Makassar Larang Anak-anak Berkeliaran di Lokasi Kejadian

PORTALMAKASSAR.COM – Asap tebal akibat kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Antang, Minggu (15/9/2019) mulai mengarah ke pemukiman warga, terutama di wilayah Kecamatan Manggala, Senin (16/9/2019).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan, asap yang ditumbulkan dari kebakaran tersebut mengandung sejumlah zat kimia yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

“Asap dari kebakaran TPA ini asapnya sangat tebal karena banyak mengandung berbagai gas, sehingga dapat menimbulkan penyakit infeksi saluran pernapasan (ISPA), dapat berbaya bagi penderita asma,” ungkap Naisyah yang dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (16/9/2019).

Selain iritasi pada saluran pernapasan, asap ini juga berbahaya bagi anak-anak karena dapat menimbulkan iritasi pada mata.

Ia pun menekankan kepada pihak keamanan agar melarang anak-anak berada di sekitar lokasi TPA.

“Tadi saya melihat banyak anak-anak yang main di dalam, sehingga saya langsung menekankan kepada polisi jangan sampai anak masuk lagi ke dalam. Harus tegas. Anak-anak tidak boleh menjadikan ini ladang bermain,” ungkapnya. (*)

Syamsi Nur Fadhila

More in Portal Makassar

To Top