Connect with us

Belum Miliki e-KTP, Pendaftar CPNS Bisa Gunakan Suket

Portal Makassar

Belum Miliki e-KTP, Pendaftar CPNS Bisa Gunakan Suket

PORTALMAKASSAR.COM – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar Aryati Puspa Abady memastikan masyarakat yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau e-KTP, masih dapat mengikuti proses pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019.

Puspa sapaannya menjelaskan, masyarakat dapat menggunakan surat keterangan atau suket sebagai pengganti e-KTP sebab keduanya memiliki kekuatan hukum yang sama.

“Suket itu bisa menjadi pengganti KTP karena kedudukannya dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 sama dengan KTP elektronik,” terang Puspa, Jumat (8/11).

Ia menuturkan, persediaan blanko e-KTP di Pemerintah Pusat saat ini sudah habis sehingga para pendaftar CPNS dipastikan tidak bisa memperoleh e-KTP.

“Apalagi sekarang KTP elektronik ini persediaan blangkonya di pusat sudah habis otomatis pasti masyarakat yang akan menjadi pendaftar CPNS itu tidak mungkin mendapatkan blanko kalau memang kondisinya sudah habis,” sambungnya.

Dirinya menambahkan, persoalan ini juga telah ditangani langsung oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil) sehingga dapat dipastikan tak ada lagi persoalan terkait hal ini.

“Jadi tidak dipermasalahkan lagi pada saat pendaftaran CPNS itu harus (pakai) KTP elektronik. Sudah ada pernyataan baik dari BKN maupun dari dirjen dukcapil,” kunci Puspa.

Syamsi Nur Fadhila

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Portal Makassar

To Top