Connect with us

Dinas PU Sukses Gelar Sayembara Desain Gedung Arsip

Portal Makassar

Dinas PU Sukses Gelar Sayembara Desain Gedung Arsip

PORTALMAKASSAR.COM – Pemerintah Kota Makassar diketahui akan membangun Gedung Arsip sebagai sarana dan prasarana pengelolaan kearsipan. Hal itu diketahui atas berhasilnya Dinas Pekerjaan Umum (PU) menggelar sayembara Desain Gedung Arsip Kota Makassar.

Selama ini, Pemerintah Kota Makassar diketahui belum memiliki Gedung Arsip, padahal sebagai instansi pemerintah tingkat kota, arsip perlu dikelola agar arsip-arsip tersebut dapat diakses dengan mudah dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan.

“Untuk itu, kegiatan sayembara ini merupakan awal dari mewujudkan sebuah gedung arsip yang nantinya diharapkan menjadi salah satu gedung yang ikonik dan dapat merupakan menjadi pusat percontohan dalam pengelolaan bidang kearsipan,” ujar Answard, Kepala Bidang Teknis Dinas PU, sabtu (30/11).

Diharapkan, melalui sayembara ini diperoleh ide, rancangan dan konsep desain gedung arsip yang representatif serta sesuai dengan standar regulasi yang ada dan menghasilkan desain arsitektur dalam menunjang kegiatan pengarsipan.

Kepala Seksi Bina Jasa Konstruksi Dinas PU Makassar, Suryadi mengatakan, total peserta yang mendaftar dalam sayembara ini sebanyak 80 tim.

“Pada saat penjurian tahap I terdapat 30 karya yang masuk dengan perincian kategori profesional 14 karya dan kategori student sebanyak 16 karya,” terangnya.

Dalam penyelenggaran grand final di Trans Studio Mall, Sabtu (30/11), dewan juri yang terdiri dari unsur akademisi, pihak Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar, Dinas Kearsipan Kota Makassar, serta Ikatan Arsitek Indonesia Wilayah Sulawesi Selatan akhirnya memilih 2 pemenang dari masing-masing kategori.

“Untuk kategori student, juara pertama memperoleh hadiah uang tunai sebesar Rp50 juta dan juara kedua sebesar Rp25 juta. Sementara pada kategori profesional, juara pertama memperoleh total hadiah sebesar Rp100 juta dan juara kedua sebesar Rp50juta,” tandasnya.

Syamsi Nur Fadhila

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Portal Makassar

To Top