Connect with us

Dewan Sebut Hotel Mercure Cacat Administrasi

DPRD

Dewan Sebut Hotel Mercure Cacat Administrasi

PORTALMAKASSAR.COM – Komisi C Bidang Pembangunan, DPRD Kota Makassar, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Hotel Mercure, Jl.AP. Pettarani, Senin (2/12/2019).

Sidak kali ini adalah proses tindaklanjut dari Barisan Aktivis Peduli Keadlian (BADIK) Sulsel yang menilai Hotel Mercure menjalankan aktivitas perhotelan, namun tidak melengkapi berbagai jenis perijinan, seperti Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) hingga AMDAL.

Ketua Komisi C, Abdi Asmara mengatakan bahwa terdapat kesalahan administrasi.

Pasalnya kata Abdi, perusahaan yang dicantumkan di IMB sangat berbeda dari nama perusahaannya.

“Karena dalam proses penerbitan ijin itu awalnya diajukan oleh PT New Telkom, setelah terbit yang melakukan aktivitas itu PT Graha Yasa Selaras, jadi saya kira ini adalah kesalahan administrasi,” kata Abdi.

Selain itu, ia meminta agar segera meningkatkan Upaya Kelola Lingkungan (UKL) dan Upaya Pemanotauan Lingkungan (UPL), menjadi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal).

“Selanjutnya Amdal lalin, karena ini jalan nasional. maka itu adalah kewenangan pusat. Kami juga meminta pengelola hotel mengurus secepatnya. Karena sifatnya masih dalam bentuk berita acara espose, belum dalam bentuk SK,” jelasnya.

Sementara itu Kabag Hukum Pemkot Makassar, Zulkiflie, meminta agar segera menuntaskan segala bentuk administrasi yang dipersyaratkan.

“Administrasi merupakan satu kesatuan. Dalam hukum istilahnya tanggung gugat, jadi semuanya harus disesuaikan,”

Olehnya itu, Komisi C segera mengeluarkan rekomendasi dan meminta kepada pihak Pemerintah Kota Makassar agar membantu mengurus seluruh administrasi yang dinilai cacat.

“Karena kalau ada kesalahan administrasi baru mereka melakukan aktivitas itu namanya pelanggaran. Pelanggaran dalam hal, bisa saja penggelapan pajak, kita tidak mengerti bagaimana nanti alur kasnya mereka,” pungkas Abdi.

Muh Ervin Saputra

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in DPRD

To Top