Connect with us

Mahasiswa Teknik UNM Kembangkan Alat Fermentasi Biji Kakao

Kampus

Mahasiswa Teknik UNM Kembangkan Alat Fermentasi Biji Kakao

PORTALMAKASSAR.COM – Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (UNM) membuat alat fermentasi biji kakao melalui Bofercao-Tech (Box Fermentation Cacao Technology).

Alat ini diterapkan pada masyarakat Desa Lembanna, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba, yang mana sebagian besar masyarakatnya berpenghasilan utama dari tanaman bernama latin Theobroma cacao ini.

Sebelumnya, Fermentasi biji kakao bertujuan untuk membantu proses pelepasan daging buah biji (pulp) dengan permukaan kulit biji. Fermentasi pada umumnya dapat memicu terbentuknya cita rasa khas coklat serta menghasilkan warna yang cerah dan bersih.

Pemfermentasian biji kakao di Desa ini masih menggunakan cara tradisional, yang mana kurang higienis dan memeperlukan waktu yang lebih lama.

Olehnya, Salahudin Sheva Maulana Khouw, Nurfaillah, Sulhaeni dan Muhammad Hafis Ma’ruf merancang teknologi ini untuk membantu masyarakat, khususnya petani kakao.

Salahudin Sheva Maulana Khouw, Ketua Tim ini berujar bahwa pada proses fermentasi kakao yang dilakukan dengan menggunakan alat ini dapat mengefesienkan waktu kerja dan tidak membutuhkan tenaga yang banyak. Selain itu, hasil dari fermntasi tersebut menghasilkan biji kakao yang memiliki kualitas yang baik.

“Harapan saya semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat umum bakan hanya pada mitra. Selain itu, semoga ini menjadi langkah awal untuk pengembangan selanjutnya,” ujar mahasiswa Prodi Pendidikan Vokasional Mekatronika ini.

(ZAKI RIFAN)

Continue Reading
You may also like...

More in Kampus

To Top