Connect with us

Ketua KNPI Makassar Ingatkan Perkembangan Zaman dan Nilai Budaya Harus Selaras

Portal Makassar

Ketua KNPI Makassar Ingatkan Perkembangan Zaman dan Nilai Budaya Harus Selaras

PORTALMAKASSAR.COM – Perkembangan teknologi yang semakin maju dan cepat, membuat segala sesuatu yang diinginkan bisa menjadi lebih mudah.

Namun disatu sisi, perkembangan teknologi yang pesat juga membuat orang-orang mulai melupakan nilai-nilai budaya dan nasionalisme, sehingga lunturnya rasa saling menghormati dan saling menghargai.

Hal tersebut tentunya tidak diinginkan dan dialami oleh kaum millenial. Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Makassar, Christopher Aviary, mengatakan bahwa sebagai pemuda harus mampu menjadi agen perubahan dan pemberi nilai yang positif kepada masyarakat Indonesia, khususnya di Makassar.

“Anak muda sebagai agent of change (agen perubahan) dan kita juga harus menjaga nilai-nilai kebudayaan yang ada di negara dan daerah kita walaupun dengan perubahan yang ada , dengan adanya teknologi, suka tidak suka kita alami. Kita harus masuk di dalamnya,” ucapnya dalam Coffee Morning yang diselenggarakan oleh Bagian Humas Pemkot Makassar, di Cafe Iconik, Jl. Amanagappa, Selasa (13/8/2019).

Namun, kata Rio sapaan akrabnya mengatakan perubahan nilai budaya, bangsa dan Pancasila tidak dapat disingkirkan. Ditengah kemajuan teknologi, sambung Rio, nasionalisme justru tidak boleh pudar dan harus diperhatikan.

“Ini harus kita pertahankan. Lihatlah negara lain, berapa besar perubahan teknologi yang dialami nilai budaya dan nasionalisme tetap kita jaga. Bangsa yang besar bangsa yang bisa menjaga sejarah,” pungkasnya.

Oleh sebab itu, perkembangan zaman dan nilai budaya sejatinya harus selaras. Agar tidak gagap terhadap perubahan, Rio mengatakan pihaknya bersama stakeholder terkait tengah menyiapkan sebuah pelatihan serta diskusi untuk menghadapi dunia perubahan, agar nantinya anak muda di Makassar selain mampu bersaing secara global juga mempertahankan nilai siri na pacce (budaya malu).

(MUH. ERVIN SAPUTRA)

Continue Reading
You may also like...
1 Comment

1 Comment

  1. ปั้มไลค์

    08/13/2019 at 9:17 pm

    Like!! Great article post.Really thank you! Really Cool.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Portal Makassar

To Top