Connect with us

Menuju Kota Sehat, DLH Kota Makassar Gelar Sosialisasi Jakstrada

Advetorial

Menuju Kota Sehat, DLH Kota Makassar Gelar Sosialisasi Jakstrada

PORTALMAKASSAR.COM – Dalam rangka menuju Makassar sebagai Kota Sehat, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar menggelar Sosialisasi Updating Data Kebijakan dan Strategi Daerah (Jakstrada) pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga.

Kadis DLH Kota Makassar, Rusmayani Madjid dalam kehadirannya kali ini mengatakan bahwa hal ini sebagai langkah menindaklanjuti sesuai Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional (Jakstranas) Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga yang merupakan terobosan baru dalam pengelolaan sampah nasional terintegrasi mulai sumber sampai pemrosesan akhir,

Pemerintah Kota Makassar telah menerbitkan Peraturan Wali Kota Makassar Nomor 36 Tahun 2018 tentang kebijakan dan strategi daerah (Jakstrada) Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah sejenis rumah tangga pada 23 Oktober 2018 lalu.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pada 2025 mendatang, pengelolaan sampah yang hendak dicapai dalam Jakstrada, bisa mencapai 100 persen dan terkelola secara baik.

“Dimana target pengurangan sampah sebesar 30 persen dan target penanganan sampah sebesar 70 persen. Untuk mencapai target tersebut, pemerintah harus bekerjasama dengan seluruh stakeholder di Makassar,” kata Maya sapaan akrabnya, di Ruang Sipakatau Balaikota Makassar, Selasa (16/4/2019).

Selain itu Maya mengungkapkan, dokumen Jakstrada yang ada di Kota Makassar bukanlah merupakan dokumen kualitatif dan normatif saja.

Namun dokumen Jakstrada adalah gambaran target dan langkah yang harus dilakukan oleh seluruh Operator Perangkat Daerah dan seluruh pemangku kepentingan yang diharapkan mampu mengurai pengurangan sampah dari sumbernya.

“Jakstrada ini akan menjadi rencana induk pengelolaan sampah di Makassar yang terukur pencapaiannya secara bertahap sampai tahun 2025, untuk itu kami berharap seluruh pemangku kepentingan dapat bekerjasama dan berkolaborasi untuk mencapai target Jakstrada dan masing-masing OPD kecamatan dapat melaksanakan kegiatan sesuai dengan yang diamanahkan dalam Perwali nomor 36 tahun 2018,” tukas Mantan Kadis Parawisata.

MUH.ERVIN SAPUTRA

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Advetorial

To Top