Connect with us

Pj Walikota dan Kadisnaker Diundang ADB ke Manila, Ini Agendanya

Metro

Pj Walikota dan Kadisnaker Diundang ADB ke Manila, Ini Agendanya

PORTALMAKASSAR.COM – Walikota Makassar Muh Iqbal Samad Suhaeb, dan Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar Drs. A. Irwan Bangsawan, MSi mendapat undangan dari Asian Development Bank (ADB) yang berpusat di Manila, Philipina.

Undangan bekerjasama dengan Kementrian Koordinator Perekonomian ini untuk melaksanakan studi banding pengimplementasian Jobstart Indonesia yang dijadwalkan 9-13 Desember 2019.

Ini merupakan program ketenagakerjaan ADB dalam rangka menurunkan tingginya angka pengangguran anak usia muda.

Sebagaimana telah diketahui, Jobstart Philipina telah sukses membantu Pemerintah Philipina dalam program pengentasan pengangguran melalui pelatihan baik soft skill maupun hard skill terutama pada anak usia muda.

Dari pilot project di Philipina, kepesertaan 1600 peserta dalam program tersebut, 1471 (91%) dari peserta mendapatkan tempat dalam magang dan pekerjaan.

Harapan dari studi banding yang dibiayai penuh oleh Asian Development Bank (ADB) program ini bisa direplikasi di Indonesia yaitu Kota Makassar dan diharapkan sudah mulai dilaksanakan pada awal tahun 2020.

Adapun kegiatan di Manila antara lain berkunjung ke Kantor Departemen Tenaga Kerja di Intramuros, melihat fasilitas Pelatihan Kerja milik pemerintah dan kunjungan ke perusahaan yang bekerja sama dengan Jobstart Philipina dalam program pelatihan dan pemagangan ini.

Selain itu, yang menarik dari program ini, peserta pelatihan dan pemagangan selain akan mendapatkan bimbingan karir softskill, pelatihan di perusahaan juga akan mendapatkan beasiswa untuk setiap peserta yang nilainya belum disebutkan.

“Agenda lain dari kunjungan Walikota Makassar dan rombongan akan berdiskusi dengan Vice President ADB DR. Bambang Susantono untuk mendapat gambaran program ADB lain yang bisa diterapkan di Makassar,” kata Kadisnaker, Andi Irwan Bangsawan, Rabu (4/12).

Selain itu, lanjut Andi Irwan, kunjungan selanjutnya dengan Duta Besar Indonesia buat Philipina Sinyo Sarundajang untuk mencari informasi penjajakan kerjasama ekonomi antara pengusaha lokal Sulawesi Selatan memasuki pasar Philipina.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Metro

To Top