Connect with us

Pemkot Makassar Tetapkan 1 April Menjadi Hari Kebudayaan Kota Makassar

Portal Makassar

Pemkot Makassar Tetapkan 1 April Menjadi Hari Kebudayaan Kota Makassar

PORTALMAKASSAR.COM – Pemerintah Kota Makassar menetapkan tanggal 1 April sebagai Hari Kebudayaan Kota Makassar dan bulan April sebagai Bulan Budaya Kota Makassar.

Pencanangan ini ditandai dengan penandatanganan Peraturan Wali Kota (Perwali) oleh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto yang didampingi oleh Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal dan disaksikan oleh Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Ashari F Radjamilo, di Benteng Fort Rotterdam, Senin, (1/4/2019).

Dalam sambutannya, Danny, sapaan akrab Wali Kota Makassar mengatakan, penetapan hari kebudayaan atas inisiasi Dinas Kebudayaan akan menjadi sejarah baru bagi Kota Makassar. Pasalnya, Kota Makassar menjadi kota pertama yang melakukan dan menetapkan adanya hari dan bulan kebudayaan di Indonesia.

“Budaya itu kekayaan, identitas, kehormatan dan pemersatu kita. Inisiasi adanya hari kebudayaan di sebuah daerah ini adalah yang pertama di Indonesia dan ini akan menjadi kebanggaan bagi Kota Makassar,” beber Danny.

Sementara itu, Sittiara Kinang, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Makassar menambahkan, pencanangan Hari Kebudayaan ini merupakan upaya untuk melestarikan sejarah, tradisi, budaya dan adat istiadat Sulawesi Selatan.

“Selain itu, ini juga menjadi jalan dalam pengembangan etnis Sulawesi Selatan dan membangun sinergitas atas etnis,” jelasnya.

Mantan Asisten II Pemkot Makassar ini juga berharap agar Makassar dapat menjadi pusat destinasi budaya Sulawesi Selatan yang mendunia.

Pencanangan Hari Kebudayaan dan Bulan Budaya ini turut dihadiri oleh para budayawan, raja-raja dan keturunan raja se-Sulsel hingga para pecinta seni yang berkumpul di Fort Rotterdam, salah satu benteng bersejarah di Sulawesi Selatan.

MUH.ERVIN SAPUTRA

More in Portal Makassar

To Top