Connect with us

Selama Ramadan, Pemakaian Air Naik 50 Persen, Ini Penyebabnya

Portal Makassar

Selama Ramadan, Pemakaian Air Naik 50 Persen, Ini Penyebabnya

PORTALMAKASSAR.COM – Selama bulan suci Ramadan, pemakaian air bersih dari pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makassar mengalami kenaikan sekitar 30 hingga 50 persen dibandingkan hari biasa.

Hal tersebut diungkapkan oleh Humas PDAM Kota Makassar, Idris Tahir, saat ditemui di Kantor PDAM Kota Makassar, Jl. Sam Ratulangi, Kamis, (23/5/2019).

“Bahkan pemakaian di masjid itu bahkan naik sampai 200 hingga 300 persen,” ujar Idris.

Menurutnya, kenaikan pemakaian air ini diakibatkan berubahnya pola aktivitas masyarakat selama bulan Ramadan sehingga masih tergolong hal yang lumrah.

“Pemakaian airnya hampir sama. Waktu pemakaiannya yang berubah. Kan tidak ada aktivitas pagi. Semua aktivitas (penggunaan air) bertumpuk di subuh dan sore hari,” lanjutnya.

Dia menyebutkan bahwa kenaikan pemakaian air oleh pelanggan ini relatif merata di seluruh wilayah Kota Makassar sebab kebutuhan air setiap pelanggan berbeda.

“Ada daerah yang pemakaian airnya memang sedikit, misalnya di daerah ujung. Ada pula daerah yang pemakaian airnya besar, seperti di tengah kota. Jadi, tergantung berapa yang dibutuhkan,” katanya.

Meski begitu, kata Idris, pihaknya tetap menyiapkan langkah antisiasi jika sewaktu-waktu ada kendala, seperti air yang tidak mengalir lancar atau hanya mengalir pada jam tertentu saja, apalagi Ramadan kali ini bertepatan dengan musim kemarau.

“Kita sudah siapkan beberapa mobil tangki. Tapi pengantaran mobil tangki adalah alternatif terakhir. Meski begitu, kami tetap berusaha untuk memuaskan masyarakat karena mobil tangki itu juga sebagai bentuk pertanggungjawaban kami kepada masyarakat,” pungkasnya. (*)

MUH.ERVIN SAPUTRA

More in Portal Makassar

To Top