Connect with us

Disnaker Kota Makassar Usulkan Anggaran Sertifikasi Untuk Para Pencari Kerja

Kepala Disnaker Kota Makassar, Muhammad Mario Said.

SKPD

Disnaker Kota Makassar Usulkan Anggaran Sertifikasi Untuk Para Pencari Kerja

PORTALMAKASSAR.COM – Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar tengah mengusulkan anggaran sertifikasi bagi para pencari kerja.

Kepala Disnaker Kota Makassar, Muhammad Mario Said, mengatakan ketatnya persaingan untuk mendapatkan pekerjaan menuntut para pencari kerja mempunyai kemampuan lebih.

Tidak hanya mengandalkan pendidikan formal namun keterampilan dan kecakapan dalam suatu bidang dianggap mampu memberi daya saing tersendiri.

Atas dasar hal tersebut kata Mario, diharapkan era globalisasi saat ini Sumber Daya Manusia yang memiliki kualitas yang bagus, mampu membantu perusahaan untuk maju lebih cepat.

“Kita rencana mau usulkan di anggaran pokok 2020 karena itu memang hal yang paling penting untuk melakukan sertifikasi kompetensi,” kata Mario Said, Jumat (12/7/2019).

Selain itu, untuk menyerap daya saing tenagakerja pihak Disnaker juga memperioritaskan bagi peserta magang ke negeri Sakura Jepang.

Pasalnya, kata Mantan Kadis Perhubungan Kota Makassar itu menanggap, jika para pencari kerja hanya melalui sekolah umum tidak memenuhi syarat, bila tidak memiliki sertifikasi.

“Kalau hanya sekolah umum tidak bisa masuk apalagi untuk megang ke Jepang. Kecuali kalau dia dari Sekolah Kejuaruan. Nah masalahnya disitu karena banyak inginkan tetapi tidak memiliki sertifikasi. Itulah kami harap anggaran pokok tahun depan bisa ditingkatkan,” ujarnya.

Olehnya itu, untuk mencover masyarakat pencari kerja khususnya dari lulusan SMA umum sangat dibutuhkan dukungan anggaran, terutama kata Mario bagi yang ingin lanjut ke Magang.

“Itulah kita berharap tahun depan di APBD pokok bisa diakomodir. Karena biaya untuk satu orang berkisar hingga Rp3 jutaan,” tambahnya.

“Mudah mudahan tahun depan porsi anggarannya bisa sampai 100 orang lebih lah, yah lebih banyak lebih bagus lagi karena didukung juga dengan program program pemerintah Pusat dan Provinsi,” tutupnya.

MUH.ERVIN SAPUTRA

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in SKPD

To Top