Connect with us

Satpol PP Makassar Terapkan Standar Khusus untuk Rekrutmen Anggota Perempuan

SKPD

Satpol PP Makassar Terapkan Standar Khusus untuk Rekrutmen Anggota Perempuan

PORTALMAKASSAR.COM – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Makassar, Iman Hud, mengatakan dalam merekrut personil baru khususnya perempuan dirinya memberi standar dalam penerimaan.

Menurut Imam Satpol PP menerima anggota dari kaum hawa selama ini dengan ketentuan mereka harus berpenampilan menarik dan rapi dalam menjalankan tugas.

“Artinya saat menyampaikan pesan, kalau tidak rapi dan menarik itu susah orang (masyarakat) menerima, apalagi dia di jalur terdepan,” kata Imam, Kamis (15/8/2019)

Lebih jauh Imam menyebut kesan pertama saat berhadapan dengan masyarakat menjadi sangat penting agar terjadi komunikasi yang baik.

Olehnya itu, yang namanya Tentara dan Polisi adalah pekerjaan laki-laki. Sementara stigma hari ini ihwal perempuan mengalami pergeseran.

“Karena yang kita hadapi saat ini lebih banyak perempuan dibanding laki-laki, sehingga dengan adanya perempuan tidak menimbulkan kontroversi dalam hal penanganan pelanggaran-pelanggaran, misalnya dalam menghadapi demo,” ungkapnya.

Iman mengungkapkan bahwa perempuan mampu melakukan semua pekerjaan yang ada di dunia ini. Justru, kata dia, ada pekerjaan laki-laki yang tak bisa dilakukan perempuan.

“Yakni melahirkan,” tutur Iman.

Memasuki era Gender dan emansipasi, Iman menyebut peran perempuan sangat dibutuhkan. Terutama, menurut dia, menangani masalah-masalah ketertiban yang menyangkut keluarga.

Sejauh ini, Iman mengatakan, stigma ihwal Satpol PP yang garang sudah semakin menurun di kalangan masyarakat.

“Kalaupun misalnya terjadi kericuhan, tidak mungkin dia mau lempari perempuan karena lambang ibu. Semarah-marahnya laki-laki tidak mungkin mereka mencederai wanita,” jelasnya

Imam juga menyampaikan bahwa saat ini, jumlah Satpol perempuan di Pemerintah Kota Makassar berjumlah 150 orang yang ditugaskan dibeberapa tempat.

“Itu lagi masih kurang, rencana tahun depan (2020) kita mau tambah lagi 100 orang personil perempuan. Rencana kita mau rekrut 200 orang untuk satpol pp, 100 perempuan dan 100 laki laki,” pungkasnya.

MUH.ERVIN SAPUTRA

More in SKPD

To Top