Connect with us

Tidak Meratanya Jumlah Sekolah Menjadi Perhatian Khusus Disdik Makassar

SKPD

Tidak Meratanya Jumlah Sekolah Menjadi Perhatian Khusus Disdik Makassar

PORTALMAKASSAR.COM – Tidak meratanya jumlah siswa yang tersebar di setiap sekolah-sekolah di Kota Makassar menjadi perhatian khusus Dinas Pendidikan Kota Makassar.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Abd.Rahman Bando mengatakan, beberapa sekolah yang memiliki jumlah siswa yang cukup banyak namun tidak dibarengi dengan jumlah ruang kelas yang setara.

Ia merinci, dengan jumlah 363 Sekolah Dasar (SD) dan 45 Sekolah Menengah Pertama (SMP), Kota Makassar mengalami kekurangan ruang kelas hampir sebanyak 1.400 ruangan.

“Sekarang kita punya sekolah negeri untuk SD 363 tambah SMP 45, jadi 408 sekolah negeri. Kita kekurangan 1.342 ruang kelas. Hampir 1.400 ruang kelas itu kita kekurangan,” kata Rahman Bando (6/4/2019).

Rahman menjelaskan, persoalan seperti inilah yang kemudian menjadikan beberapa sekolah lain mengalami penumpukan siswa.

“Persoalannya, ada ruang kelas yang kosong yang kurang siswanya dan tidak bisa di pindah, tapi di sisi lain ada sekolah kita yang kelebihan kelasnya, kurang siswanya,” jelasnya.

Sebenarnya, kekurangan ruang kelas ini dapat diatasi dengan melakukan renovasi pada gedung sekolah yang lama atau pun dengan melakukan pembangunan sekolah baru, namun, hal tersebut menjadi kendala diakibatkan anggaran yang minim.

Regrouping pun menjadi langkah yang ditempuh Disdik untuk mengatasi persoalan ini.

“Sehingga kita harus kasih jalan regrouping untuk menggabungkan siswa yang kurang ini, tapi bukan berarti kita tidak membangun kelas baru, harus membangun kelas baru yang siswanya padat jadi memang perlu perhatian khusus,” tukas Rahman.

MUH.ERVIN SAPUTRA

More in SKPD

To Top