Connect with us

Dosen UNM melaksanakan PKM Pelatihan dan Pendampingan Guru dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Malino

Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat FMIPA UNM

Portal User

Dosen UNM melaksanakan PKM Pelatihan dan Pendampingan Guru dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Malino

PORTALUSER – Tim PKM UNM kembali melaksanakan Program PKM dengan tema PKM Pelatihan dan Pendampingan bagi Guru-guru dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Malino Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa yang dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu tanggal 24-25 Agustus 2019. Kegiatan tersebut terlaksana atas kerjasama antara Tim PKM UNM dengan Dinas Pendidikan Wilayah Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa dan didukung penuh oleh Tim P3MP FMIPA UNM.

Kegiatan PKM dilaksanakan dengan tujuan untuk membantu guru-guru sekolah dalam upaya meningkatkan profesionalismenya sehingga berdampak pada peningkatan kemampuan guru baik dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik. Selain itu, kemampuan guru dalam melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menjadi lebih baik.

Dalam acara pembukaan Prof Dr. Usman Mulbar sebagai Sekretaris LP2M UNM menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi bagi dosen yang wajib melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam setiap tahunnya. Kegiatan ini juga diharapkan mampu mengidentifikasi kebutuhan atau permasalahan apa saja yang dihadapi oleh guru dilapangan sebagai input atau masukan bagi Tim PKM UNM untuk dilaksanakan pada PKM tahun berikutnya.

Sejalan dengan hal itu, Koordinator Wilayah Pendidikan Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa Bapak Amran Azis, S.Pd., MM. menyambut baik kegiatan ini yang kedua kalinya setelah tahun sebelum tahun 2018 dilaksanakan dengan tema yang berbeda.

Dalam sambutannya, juga disampaikan beberapa kebutuhan guru dilapangan seperti masih perlunya peningkatan kemampuan guru dalam membimbing para siswa mengikuti Olimpiade Matematika dan Sains sehingga dapat bersaing ditingkat Provinsi dan nasional.

Narasumber ahli dalam kegiatan diantaranya Prof. Dr. Usman Mulbar (Pembelajaran Matematika Realistik), Dr. Alimuddin, M.Si. (Penelitian Tindakan Kelas), Dr. Ilham Minggi, M.Si. (Implementasi PTK dalam Kelas), Nasrullah, S.Pd., M.Pd. (Merancang Media Pembelajaran Realistik), dan Dr. Purnamawati, M.Pd. & Dr. Ir. Hasanah, MT. (Desain Media Pembelajaran Berbasis e-learning).

Peserta kegiatan PKM terdiri dari Guru-guru Sekolah Dasar Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa dengan jumlah 78 orang. Pada bagian akhir kegiatan, peserta diberi kesempatan menyampaikan respon dan kesan setelah mengikuti kegiatan, dimana secara umum peserta menyatakan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mereka untuk meningkatkan profesionalismenya.

More in Portal User

To Top