Connect with us

HMJ PWK UINAM Tanam Pohon Trembesi di Area Kampus untuk Lestarikan Lingkungan

IMG-20190422-WA0029

Portal User

HMJ PWK UINAM Tanam Pohon Trembesi di Area Kampus untuk Lestarikan Lingkungan

PORTALMAKASSAR.COM — Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota UIN Alauddin Makassar kembali menggelar peringatan Hari Bumi dengan menanam pohon Trembesi di area kampus. Senin 22/04/2019).

Penanaman pohon trembesi tersebut dilakukan di setiap fakultas dengan melibatkan semua mahasiswa pwk serta kerjasama dengan sema dan dema di setiap fakultas.

Kegiatan ini dibuka oleh Iyan Awaluddin ST. M.si, yang merupakan salah satu dosen teknik pwk UIN Alauddin Makassar. Dalam sambutannya, Ia mengatakan bahwa kegiatan peduli bumi bukan hanya sekedar acara seremonial dan acara sehari saja, namun bagaimana kita mulai dari diri kita masing-masing menjaga lingkungan sekitar kita. Ia berharap kelanjutan dari kegiatan ini minimal setiap mahasiswa menanam pohon di lingkungan rumahnya masing-masing.

Selanjutnya, Aryadi Syam salah satu pengurus hmj teknik pwk, juga menambahkan bahwa kegiatan ini marupakan kegiatan rutin tahunan. Yang membedakan hanyalah  konsep ditiap tahunnya. Dan tahun ini dipilih konsep peringatan hari bumi dilakukan dengan melakukan penanaman 2 pohon trembesi  di masing-masing fakultas.

Kegiatan lainnya, yakni melakukan sosialisasi hari bumi di area kampus.

“karena tahun lalu itu konsepnya bagi-bagi pohon di masyarakat dan sosialisasi di luar kampus, jadi sekarang memilih sosialisasi di dalam kampus”, Katanya lagi.

Pelibatan sema dan dema fakultas juga sebagai ajang silaturahmi dan tukar informasi terkait lingkungan karena untuk menjaga lingkungan harus melibatkan banyak pihak.

“Dengan melibatkan sema dan dema fakultas, harapannya mereka juga peduli dan ikut merawat tanaman trembesi yang ditanam,” ujarnya.

Perwakilan dari setiap fakultas menyambut baik kegiatan yg dilakukan oleh hmj pwk ini, salah satu mahasiswa perwakilan dri fakultas dakwah mengatakan sangat mengapresiasi kgiatan hmj pwk karena menurutnya, inilah salah satu bukti nyata mahasiswa terhadap kepedulianny tentang lingkungan.

Pohon trembesi banyak di jadikan sebagai pohon peneduh. Saat cuaca panas jika melintasi jalan yang di tumbuhi pohon ini akan terasa sejuk dan segar. Pohon ini dijadikan peneduh karena ukurannya yang besar dan daunnya yang rindang. Selain itu, pohon trambesi juga kaya dengan oksigen.

Oleh: Nita Ulva Ningsih

More in Portal User

To Top