Connect with us

Ini Dia Prosedur Pengolahan Buku di Perpustakaan Sebelum Ada di Rak

IMG-20190510-WA0012

Portal User

Ini Dia Prosedur Pengolahan Buku di Perpustakaan Sebelum Ada di Rak

PORTALMAKASSAR.COM – Halo, salam literasi…

Dalam proses pengolahan, hal pertama yang dilakukan adalah inventarisasi. Memberikan kepemilikan perangko, prangko sumber pasokan, tanggal penerimaan, dan prangko logo perpustakaan. Biasanya, petugas pemrosesan memiliki pola cap yang khas pada halaman tertentu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Selanjutnya, buku-buku yang telah diinventarisir diserahkan ke tim pemrosesan lain untuk katalog. Katalogisasi adalah proses perekaman buku data atau deskripsi bibliografi seperti judul, penulis, nomor panggilan dan banyak lagi. Kemudian proses klasifikasi akan dilakukan, yaitu menentukan jumlah buku menggunakan manual Klasifikasi Desimal Dewey Proses ini dituangkan ke dalam lembar kerja untuk dimasukkan ke dalam aplikasi otomasi perpustakaan Buku yang telah diinput kemudian diserahkan kepada petugas di bagian pemrosesan fisik buku untuk dilengkapi secara fisik.

Di sini petugas mencetak dan menempelkan label pada buku, menutupinya dan lainnya Dan petugas layanan siap melayani layanan. Buku ini disusun di atas rak berdasarkan klasifikasinya. Kami menyebut kegiatan ini selving.

Simak video ini untuk melihat tata caranya.

More in Portal User

To Top