Connect with us

Mengingat Kematian

PicsArt_04-16-11.24.20
(Dok. Nita Ulva Ningsih/Portal User)

Portal User

Mengingat Kematian

PORTALMAKASSAR.COM – 2 hari ini saya begitu banyak menerima berita duka. Mulai dari keluarga, teman dan orang lain. Terakhir sepupu saya meninggal tiba-tiba. Dia tidak sakit dan tidak kecelakan. Tidak ada tanda-tanda kematian dalam dirinya.

Pagi hari, seperti biasa ia pun berangkat kerja di sebuah perusahaan air mineral.  Hari itu ia pulang lebih awal dari biasanya, sampai rumah dia makan, minum kopi, nonton tv dan setelah itu tidur.

Beberapa menit ia tidur tiba-tiba terdengar suara dengkuran yang besar sontak istrinya kaget dan ketika dilihat ternyata ia sudah meninggal. Ini adalah sebuah bukti kalau kematian itu bisa datang kapan saja.

Bisa saja hari ini kita masih tertawa dengan keluarga ataupun melakukan aktivitas lainnya, tapi beberapa jam kemudian kematian datang.

Kematian adalah sebuah akhir dari kehidupan. Semua makhluk ciptaan Allah pada akhirnya akan mengalami kematian. Kematian adalah sebuah ketetapan dari Allah SWT.

Kematian bisa datang dimanapun dan kapanpun. Tidak ada satupun yang bisa mengubahnya ketika waktunya sudah tiba. Lantas apa yang telah kita persiapankan untuk menyambutnya?

Allah SWT berfirman dalam Al-quran surah Al-Hajj Ayat 57 yang artinya:

“Wahai manusia, jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari kubur), maka (ketahuilah) sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu dan Kami tetapkan dalam rahim, apa yang Kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan. Kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampailah kepada kedewasaan, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatu pun yang dahulunya telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah serta menumbuhkan berbagai macam tumbuhan yang indah. Yang demikian itu, karena sesungguhnya Allah, Dialah yang haq dan sesungguhnya Dialah yang menghidupkan segala yang mati dan sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur.” (Al-Hajj: 5-7).

Dalam ayat ini menjelaskan bahwa tidak ada kehidupan yang kekal. Semua yang ada dibumi akan binasa.
Kematian merupakan gerbang yang harus dilalui setiap makhluk dalam menuju kesempurnaan.

Kita wajib mempersiapkan kematian semaksimal mungkin. Perbanyaklah mengingat kematian. Karena dengan banyak mengingatnya, tentunya akan membuat kita terhindar dari perbuatan maksiat dan mampu mendorong kita agar lebih bertakwa lagi kepada Allah SWT.

Kematian akan datang pada waktunya.

Portal User : Nita Ulva Ningsih 

More in Portal User

To Top