Connect with us

Nurdin Abdullah Tinjau Proyek Revitalisasi Danau Tempe di Soppeng

4a

Portal User

Nurdin Abdullah Tinjau Proyek Revitalisasi Danau Tempe di Soppeng

PORTALSOPPENG.COM – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Prof. Dr. Ir H. M. Nurdin Abdullah, M.Agr. meninjau progres Proyek Revitalisasi Danau Tempe usai menghadiri perayaan Hari Jadi Soppeng (HJS) ke-758 tahun 2019 di Lapangan Gasis Watansoppeng, Gubernur Nurdin Abdullah mengatakan kegiatan revitalisasi Danau Tempe berupa pengerukan sedimen danau yang mencapai 8,58 juta m3, pemancangan cerucuk bambu, pengendalian gulma air dengan pembersihan rutin enceng gondok serta pemasangan geokomposite dan geosintetis.

Revitalisasi akan menambah kapasitas volume tampungan sebesar 7,23 juta m3, dari kapasitas volume tampungan saat ini sebesar 207,66 juta m3.

Dengan bertambahnya volume tampungan akan dapat memenuhi kebutuhan air baku masyarakat di sekitar Danau Tempe, dari sekitar 23 ribu jiwa menjadi 30 ribu jiwa.

Lanjutnya bahwa progres revitalisasi Danau Tempe ini sudah menggembirakan bagi kita dan ada 9 pulau di bangun masing-masing Kabupaten mendirikan 3 pulau.

“Kita berharap bahwa revitalisasi ini, ya… ikan- ikan indemik yang sudah mulai langka, ini mungkin kita akan coba kembalikan seperti, ikan Biawang, bale bolong (Ikan gabus) dan bale Bungo,” harapnya. (Wandy)

More in Portal User

To Top