Connect with us

Disdukcapil Makassar Terapkan Layanan Dukcapil Go Digital Besok

Uncategorized

Disdukcapil Makassar Terapkan Layanan Dukcapil Go Digital Besok

MAKASSAR, PORTALMAKASSAR.COM – Disdukcapil Kota Makassar berencana akan menerapkan layanan Dukcapil Go Digital, salah satunya yaitu penerapan tanda tangan elektronik dalam pengurusan perihal Administrasi Kependudukan.

“Insya Allah besok sudah mulai jalankan. Kita sudah uji coba dan sudah lancar karena kita mengirim verifikasi ke pusat,” kata Kepala Disdukcapil Kota Makassar, Aryati Puspasari Abady, saat dihubungi via sambungan telepon, Selasa (5/3/2019).

Menurut Puspa sapaan karibnya, pihaknya telah melakukan uji coba terhadap layanan itu selama dua hari. Sejauh ini, sudah ada sekitar 10 berkas yang dicetak menggunakan tanda tangan elektronik.

Puspa menyebutkan, penerapan tanda tangan elektronik ini hanya untuk dua administrasi kependudukan, yakni Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran sesuai dengan yang diterapkan Direktorat Jendral Dukcapil Kementerian Dalam Negeri.

“Karena memang baru dua yang dibuka,” tukas Puspa.

Sebelumnya, layanan Dukcapil Go Digital dilaunching Direktorat Jenderal Dukcapil dalam pelayanan publik administrasi kependudukan saat pembukaan Rapat Koordinasi Nasional di Four Points By Sheraton 7 Februari lalu.

Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, digitalisasi data akan membuat pelayanan admnistrasi kependudukan menjadi lebih efektif dan efisien. Sebab, di era digital masyarakat menginginkan pelayanan publik yang serba cepat.

Salah satu langkah dalam mengawali Dukcapil Go Digital ini dengan menerapkan tanda tangan digital melalui aplikasi khusus. Dalam penerapannya Ditjen Dukcapil bekerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

“Tanda tangan digital itu nanti tanda tangannya tidak tampak, tetapi dalam bentuk QR Code. Dengan begitu di bawahnya ditulisi dokumen ini sah dan sudah ditandatangani secara digital,” kata Zudan.

MUH.ERVIN SAPUTRA

More in Uncategorized

To Top